Jumat, 15 November 2013

Penentuan Arah Rebah

artikel ini sama dengan artikel di blog ane yg satunya gan,
jadi ane punya dua blog,
ini link-nya
http://muhkhoirulm11b.student.ipb.ac.id/

Penentukan arah rebah merupakan hal yang sangat penting dalam penebangan pohon. Jika arah rebah salah maka keuntungan yang akan didapatkan akan menurun, selain itu kesalahan penetuan arah rebah mampu membuat kerusakan pada pohon, tiang dan tumbuhan bawah sekitar pohon yang ditebang sehingga penentuan arah rebah ini sangat penting diketahui.
Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemetuan arah rebah pohon yang akan ditebang beberapa diataranya seperti kecondongan tajuk, dari faktor kecondongan tajuk sebaiknya operator chainsaw (Chainsawmen) menentukan arah rebah ke sisi tajuk yang memiliki kecondongan yang lebih besar daripada tajuk pada sisi lain. Selain itu hal yang perlu diperhatikan selain kecondongan tajuk ialah kemiringan batang pohon, dari faktor ini Chainsawmen diharapkan merebahkan pohon ke arah kemiringan batang utama pada pohon yang akan ditebang. Kemudian hal yang penting dalam penentuan arah rebah ialah arah angin, Chainsawmen diharapkan merebahkan pohon ke arah angin yang terjadi pada saat penebangan tersebut. Selain hal ini hal yang perlu diperhatikan ialah tegakan bawah seperti tiang dan tumbuhan bawah disekitar pohon yang akan di tebang, sebaiknya Chansawmen tidak merebahkan pohon ke arah tegakan bawah tersebut agar tegakan bawah tersebut  tidak rusak dan mampu tumbuh sampai besar hingga mampu dimanfaatkan dimassa yang akan datang. Selain faktor-faktor diatas yang perlu diperhatikan ialah kecuraman daerah sekitar penebangan, diharapkan praktikan tidak menebang ke arah daerah yang curam agar pohon yang di tebang tidak rusak dan yang terpenting ialah agar operator chainsaw selamat.

Daftar Pustaka

Mujetahid A. 2008. Produktivitas Penebangan Pada Hutan Jati (Tectona grandis) Rakyat di Kabupaten Bone. Makassar: Lab. Pemanenan dan Pembukaan Wilayah Hutan Universitas Hasanuddin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar